PENGERTIAN PARADIGMA

Pengertian
Pengertian Paradigma

Pengertian Paradigma

Pengertian Paradigma – Kegiatan akademis selalu berhubungan dengan banyak kajian dan penelitian, dan salah satu dasar dari seluruh kegiatan ilmiah tersebut berkaitan dengan teori, metode, dan paradigma. Ketiga unsur tersebut tidak pernah lepas dari sebuah penelitian dan tentu saja, seorang peneliti harus memahami betul pengertian-pengertian serta cara kerja dari ketiga unsur tersebut.

Dalam artikel ini, kita akan belajar untuk memahami pengertian “paradigma”. Sudah sangat familiar bukan…!!?? Melihat dari sudut pandang penggunaan, kata tersebut sangat sering diucapkan dan didengar, baik dalam forum kuliah di kelas, seminar-seminar, dan sebagainya. Namun, salah satu dari kelemahan yang banyak didapati adalah: kurangnya pemahaman terhadap sebuah istilah yang disebutkan, baik asal kata, maupun pengertian kata secara lebih jauh.  Maka, dalam post ini, kita akan belajar bersama untuk menjawab pertanyaan “apakah paradigma itu?”.

ETIMOLOGI

Etimologi Kata Paradigma

Etimologi Kata Paradigma

Kata “paradigma” termasuk dalam kategori nomina dengan susunan “pa-ra-dig-ma” dalam format suku katanya (KBBI). Bahasa inggris menyebutnya dengan “paradigm“, bahasa Latinnya adalah “paradigma” yang berarti contoh atau pola. Kata paradigma juga diserap dari bahasa Yunani “paradeigma” yang memiliki pengertian kurang-lebih sama, yaitu: contoh, model, pola, atau sesuatu yang dapat dijadikan pedoman.

Kata “paradeigma” berasal dari kata “paradignunai” yang tersusun dari prefix “para-” artinya disamping/disisi, dan kata “deiknunai” artinya menunjukkan. Jadi, paradignunai memiliki pengertian penggambaran atau representasi dari suatu hal (Erek Göktürk). Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, paradigma diartikan sebagai model dalam teori ilmu pengetahuan atau kerangka berpikir.

TERMINOLOGI

Pandangan tentang Paradigma

Pandangan tentang Paradigma

Jika dari sisi leksikal, paradigma diartikan dengan sebuah model atau kerangka pikir. Lalu, bagaiman pendapat para pakar tentang pengertian paradigma secara terminologi? Berikut adalah rangkuman dari beberapa pendapat ahli yang dapat dijadikan pedoman dalam membangun pemahaman kita.

1. Paradigma adalah seperangkat kepercayaan dan keyakinan dasar yang menentukan seseorang bertindak dalam kehidupan sehari-hari. (Akh. Minhaji)

2. Paradigma merupakan sistem anggapan dasar, pandangan dunia yang mengarahkan seseorang/peneliti untuk menentukan metodologi dan kerangka ontologisnya. (Lincoln & Guba)

3. Secara luas, paradigma didefinisikan sebagai perangkat keyakinan mendasar, semacam pandangan dunia yang berfungsi untuk menuntun tindakan-tindakan manusia, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam lingkup ilmiah. (Nyoman Kutha Ratna)

4. Paradigma adalah seperangkat preposisi (pernyataan) yang menerangkan secara umum bagaimana dunia dan kehidupan dipersepsikan. (Poerwandari)

5. Paradigma diartikan sebagai ideologi dan praktik dari sebuah komunitas ilmuan yang menganut kesamaan dalam memandang sebuah realitas, kesamaan kriteria untuk menilai aktifitas penelitian, dan juga kesamaan dalam pemilihan metode. (Mulyana)

6. Paradigma adalah pandangan dasar tentang hal yang menjadi pokok persoalan yang harus dikaji oleh sebuah disiplin ilmu. (Ritzer)

7. Paradigm is an interpretative scheme that people use to simplify and makes sense of some aspecs of the world. (Erving Goffman)

Demikianlah pemaparan tentang “pengertian paradigama” dari sudut pandang etimologi kata dan terminologinya. Tentu saja harapannya adalah, semoga artikel singkat ini dapat membantu untuk memahami arti paradigma secara komprehensif. Selamat belajar dan… salam hangat.

Sumber: Agus Salim; Teori & Paradigma, 2006, Erek Göktürk; What is paradigm?, Hand-out Approach in Islamic Studies, KBBI Offline, Nyoman Kutha Ratna; Metodologi Penelitian, 2010, sumber 6.

Leave a comment